Halaman DepanKumpulan ArtikelDua Asupan Penting Penambah Energi

Dua Asupan Penting Penambah Energi



KOMPAS.com - Sudah tidur delapan jam dan merasa tak kurang tidur, tapi mengapa masih merasa tak berenergi? Pakar diet dan fitness Rebecca Scritchfield mengatakan bahwa ketika beberapa klien mengeluhkan merasa tak berenergi, biasanya mereka melewatkan dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dua nutrisi ini jika terpenuhi akan membuat tubuh lebih berenergi dan tak lagi merasa kelelahan.



“Jika selama ini Anda tidur dengan baik, dari segi kuantitas maupun kualitas dan rutin berolahraga, tapi tubuh tetap terasa tak berenergi, ini saatnya Anda memerhatikan asupan makanan dan seberapa berkualitas makanan Anda,” ujar Rebecca.

Setiap ada keluhan lelah dan tak bertenaga, Rebecca meminta kliennya untuk mencatat semua makanan yang dikonsumsi dalam sebuah jurnal. Hasilnya, saat diperhatikan kembali, ia melihat dengan konsisten bahwa ada dua nutrisi yang dilewatkan oleh kliennya, yaitu vitamin B dan zat besi.

Vitamin B

Makanan yang diperkaya vitamin B adalah buah-buahan, sayur-mayur, biji-bjian, kacang-kacangan, susu, dan produk turunan susu. Ini adalah kelas terbesar dari vitamin, karena itu penting untuk mengonsumsinya dalam berbagai jenis. “Vitamin ini akan membantu tubuh melepaskan energi dari makanan,” jelas Rebecca.

Zat besi

Karena zat besi membawa oksigen ke seluruh sel-sel dalam tubuh, Rebecca mengatakan mengonsumsi makanan yang diperkaya zat besi seperti daging, ayam, kacang-kacangan, dan telur akan berdampak langsung pada peningkatan energi dari hari ke hari. Para wanita umumnya memiliki kadar zat besi yang rendah, sehingga sangat penting untuk memerhatikan asupan zat besi.

“Ketika para klien mulai mengubah pola makan termasuk mengonsumsi dua nutrisi ini, mereka langsung merasa tubuhnya membaik, seakan ini terjadi secara instant. Tapi, menurut saya ini pengaruh dari mental dan fisik. Karena, ketika mereka merasa membaik, mereka tidak mencoba menambah energy dengan mengonsumsi makanan tinggi gula,” ungkapnya.

Yang perlu diingat adalah, Anda akan merasa lebih baik ketika Anda menjaga diri Anda sendiri. “Tidur cukup, konsumsi makanan sehat, dan ketika Anda merasa lebih baik, energi Anda pun pasti akan kembali,” ujar Rebecca.

 

Sumber : http://health.kompas.com/read/2015/08/16/204220023/Dua.Asupan.Penting.Penambah.Energi

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top