Halaman DepanKumpulan ArtikelLima Penyakit Infeksi yang Sering Menyerang Kakek-Nenek

Lima Penyakit Infeksi yang Sering Menyerang Kakek-Nenek



Jakarta - Masih sedikit orang tua lanjut usia (lansia) yang menyadari pentingnya vaksin bagi mereka. Padahal imunitas tubuh sudah turun sehingga berbagai penyakit infeksi pun mudah menyerang.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Profesor Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGeR, MEpid, FINASIM, mengatakan pada usia 70 tahun kondisi imunitas tubuh sudah sangat turun bahkan influenza saja bisa berakibat fatal.

Infeksi napas sampai pencernaan, penyakit-penyakit ini perlu mendapat perhatian lebih oleh lansia seperti dikatakan dr Siti dalam peringatan Hari Lanjut Usia di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

 

1. Infeksi saluran kemih

Biasanya lansia pria dikatakan oleh dr Siti banyak yang menggunakan kateter urine. Ketika pria bertambah tua ada kemungkinan prostatnya mengganjal saluran kencing dan harus dipasangi selang yang kemudian bisa juga menambah kemungkinan infeksi.

Pada wanita infeksi kemih lebih rawan lagi karena secara anatomi dubur dekat dengan saluran kencing. Hal ini membuat kemungkinan bakteri penyebab infeksi berpindah dari dubur ke saluran kencing menjadi lebih besar.

2. Infeksi Kulit

Herpes zoster adalah salah satu contoh penyakit infeksi kulit yang umum menyerang lansia. Penyakit ini sebenarnya disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air seperti dikatakan oleh dr Siti.

"Orang yang kena herpes zoster pasti pernah kena cacar air," kata dr Siti.

"Herpes zoster ini disebabkan virus varicella zoster yang aktif kembali setelah berdiam di sistem saraf dan menetap di dalamnya. Virus ini merupakan virus yang sama penyebab cacar air," pungkasnya.

Penyakit dapat muncul kapan saja tanpa peringatakan karena daya tahan tubuh yang melemah.

3. Pneumonia

Pneumonia atau radang paru bisa disebabkan oleh kebiasaan jarang bergerak atau dalam hal ini penyakit lain. dr Siti mengatakan biasanya pneumonia ini dibarengi oleh influenza yang membuatnya mematikan bagi para lansia.

Pada lansia imunitas tubuh yang rendah dapat menyebabkan kematian apabila penumonia ini menyerang.

4. Influenza

Influenza sangat mudah menyerang dan pada orang lain penyakit ini mungkin tak menakutkan. Akan tetapi untuk lansia, influenza yang dibarengi pneumonia dikatakan oleh dr Siti adalah penyebab kematian tertinggi pada lansia.

Sekitar 80 persen kasus infeksi pernapasan yang berujung fatal terjadi pada kelompok umur lansia.

5. Infeksi pencernaan

Masalah ini paling sering terjadi karena bakteri helicobacter pylori dan clastridium difficile. Dua jenis bakteri ini mudah ditemukan dalam pencernaan namun sekali lagi bisa menyebabkan infeksi karena imunitas tubuh lansia menurun.

Helicobacter dapat berkembang selama bertahun-tahun tanpa gejala sampai akhirnya menyebabkan luka di lambung. Kondisi ini umum juga disebut sebagai tukak lambung.

 

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/05/21/165444/2921349/763/lima-penyakit-infeksi-yang-sering-menyerang-kakek-nenek

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top