Halaman DepanKumpulan Artikel Faktor-faktor yang Memengaruhi Sering Tidaknya Seseorang Buang Air Kecil

Faktor-faktor yang Memengaruhi Sering Tidaknya Seseorang Buang Air Kecil



Jakarta, Berkemih merupakan proses normal untuk membuang hasil sekresi tubuh berupa urine. Hanya saja, dalam keseharian terkadang ditemui mereka yang sering buang air kecil atau justru sebaliknya, jarang ke toilet untuk pipis.


Menanggapi hal ini, dr Sigit Solihin, SpU dari RS Bunda Menteng mengatakan pada orang yang frekuensi buang air kecilnya sering, bisa jadi yang bersangkutan mengalami infeksi. Namun, jika tidak ada infeksi, menurut dr Sigit hal itu lebih karena kebiasaan.

Nah, sering atau tidaknya orang berkemih, dikatakan dr Sigit juga tak lepas dari faktor ukuran kantong kemih. Lebih tepatnya, kondisi tersebut berhubungan dengan ukuran kantong kemih atau kapasitasnya menampung urine.

"Jika ukurannya besar maka jarang pipis, dan kalau ukuranya kecil maka sering pipis," kata dokter yang juga praktik di RS Asri Duren Tiga ini dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (27/5/2015).

Ketika seseorang merasa sering ingin kencing, tak jarang mereka kerap pula menahan kencingnya. Jika hal ini sering dilakukan, dr Sigit menuturkan dampaknya bisa menyebabkan infeksi pada saluran kencing yang menyebabkan adanya batu pada saluran kencing.

Nah, sedikitnya jumlah urine juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada fungsi ginjal. Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD, KGH menuturkan normalnya jumlah urine seseorang dapat dihitung yakni 1 Ml/Kkg berat badan/jam.

"Misalnya, berat badannya 60 kg berarti 60 ml kali 24 jam. Jika dihitung maka hasilnya 1,8cc/kg/jam. Jika kurang dari 1 cc/kg/jam berarti sudah memasuki tahap gangguan ginjal," jelas dr Parlin.

Ketika memasuki stadium lanjut, penyakit ginjal kronik dan gangguan ginjal akut bisa membuat seseorang sama sekali tidak mengeluarkan urine dalam satu hari. Hal ini bisa saja akibat batu yang menyumbat di antara saluran ginjal dan kandung kemih Anda.

 

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/05/27/185550/2926956/775/faktor-faktor-yang-memengaruhi-sering-tidaknya-seseorang-buang-air-kecil?l992205755

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top