Halaman DepanKumpulan Artikel5 Langkah Sederhana Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

5 Langkah Sederhana Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami



Jakarta - Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengontrolnya untuk tetap stabil merupakan hal yang penting. Tak selalu harus dengan cara mengonsumsi obat-obatan, menurunkan tekanan darah secara alami juga bisa dilakukan dengan cara sederhana ini.

Seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber pada Jumat (15/5/2015), berikut 5 langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil:

 

1. Berjalan cepat

Berjalan dengan langkah cepat dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Jika dilakukan dengan rutin, latihan ini akan memastikan jantung menggunakan oksigen lebih efisien.

Jika memungkinkan, cobalah melakukan jalan cepat secara rutin selama 4-5 kali dalam seminggu. Agar tak terasa memberatkan, mulailah dengan memasukkan latihan berjalan cepat setidaknya sekitar 15 menit dalam rutinitas harian Anda dan perlahan-lahan tingkatkan waktunya sebisa mungkin.

2. Tarik napas dalam

Lakukanlah beberapa teknik pernapasan dan meditasi, salah satunya menarik napas dalam dan perlahan-lahan. Hal ini dapat membantu mengurangi stres secara drastis dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Cobalah lakukan tarik napas dalam selama sekitar 10 menit setiap pagi dan malam hari.

Jika memang Anda memiliki fasilitas dan waktu, tak ada salahnya untuk mencoba bergabung dengan kelas yoga untuk mempelajari metode ini dengan tepat.

3. Perbaiki pola makan

Dalam pola makan, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak asupan yang kaya akan kalium seperti ubi jalar, tomat, jus jeruk, kentang, pisang, kacang polong, dan plum dan kismis.

Selain itu, gunakan sesedikit mungkin garam dalam masakan Anda sehari-hari. Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau tidak, mengurangi asupan garam dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda.

Cobalah mengganti garam dengan bawang putih, merica atau bumbu dan rempah-rempah lainnya. Kurangi juga konsumsi makanan instan atau makanan olahan seperti keripik kentang, nugget ayam beku, dan lain-lain.

4. Manfaatkan dark chocolate

Dark chocolate memiliki flavonol yang membuat pembuluh darah lebih elastis. Untuk lebih mendapatkan manfaatnya, pilihlah dark chocolate yang mengandung setidaknya 70 persen kakao.

5. Kurangi pekerjaan dan bersantailah

Jika memang pekerjaan sedang tak banyak, cobalah untuk mengurangi jumlah jam yang Anda habiskan di kantor. Pasalnya, bekerja lembur membuat Anda sulit untuk berolahraga dan makan sehat. Oleh sebab itu, pastikan Anda berada di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan dalam rentang waktu yang wajar dan tak berlebihan.

Sebaliknya, belajarlah untuk bersantai misalnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik.

 

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/05/15/092343/2915257/766/5-langkah-sederhana-menurunkan-tekanan-darah-secara-alami

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top