Halaman DepanKumpulan ArtikelBanyak Mitos Seputar Diabetes, Ini Dia 5 Fakta Sebenarnya

Banyak Mitos Seputar Diabetes, Ini Dia 5 Fakta Sebenarnya



Jakarta - Banyak mitos-mitos di sekitar masyarakat yang berkembang mengenai diabetes. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang masih mempercayai hal tersebut. Nah, ini dia faktanya!

Mohammad Firas, seorang dokter yang menyandang diabetes sejak usia 14 tahun memaparkan mitos beserta fakta diabetes. Dokter dari RS Brawijaya tersebut saat ditemui baru-baru ini menjelaskan fakta diabetes yang ada pada detikHealth dan ditulis pada Sabtu (2/5/2015).

 

1. Diabetisi Tidak Boleh Ngemil

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyandang diabetes tidak boleh makan makanan ringan, padahal itu adalah mitos. Namun, tentu saja sumber makanannya harus mengandung gula yang rendah. Karena, tubuh juga sebenarnya ,asih membutuhkan asupan gula untuk membentuk energi. Oleh sebab itu, penyandang diabetes tidak perlu stop gula sama sekali.

2. Diabetisi Hanya Boleh Makan 3 Kali Sehari

Penyandang diabetes memang harus menjaga pola makannya, namun bukan berarti hanya boleh makan 3 kali sehari. Diabetisi boleh makan 5-6 kali yang sudah termasuk 2 kali makan selingan.

3. Kadar Gula Darah Rendah Lebih Baik Dari Kadar Gula Darah Tinggi

Ini merupakan mitos. Karena, tubuh akan mengalami dampak yang tidak baik jika kadar gula darah rendah maupun tinggi. Maka, kadar gula darah yang stabil lebih dibutuhkan oleh tubuh untuk memiliki energi melakukan aktivitasnya.

4. Diabetesi Dilarang Puasa

Menurut dr Firas, ternyata berpuasa adalah metode yang baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Namun, tentu saja harus melihat kondisi tubuh. Jika memang tubuh masih membutuhkan obat oral maupun suntikan insulin, maka puasa sebaiknya tidak dilakukan untuk mencegah kelelahan.

5. Diabetes Hanya Pada Usia Tua

Diabetes dibagi menjadi dua yaitu tipe 1 dan tipe 2. Menurut dr. Firas, tipe 1 bisa mengenai siapa saja di usia berapapun. Sehingga anak kecil sekalipun bisa kena. Lain halnya dengan diabetes tipe 2, di mana sering terjadi pada orang tua. Namun, tidak dipungkiri bahwa akhir-akhir ini remaja pun bisa terkena diabetes tipe 2.

 

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/05/02/122136/2903791/763/banyak-mitos-seputar-diabetes-ini-dia-5-fakta-sebenarnya?l992205755

 

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top