Halaman DepanKumpulan ArtikelIni 13 Kebiasaan Sehari-hari yang Mungkin Belum Anda Lakukan dengan Benar

Ini 13 Kebiasaan Sehari-hari yang Mungkin Belum Anda Lakukan dengan Benar



Jakarta, Rutinitas dan kebiasaan terbentuk karena dilakukan tiap hari dalam kurun waktu yang panjang. Dan tampaknya semua orang merasa rutinitas yang biasa mereka lakukan adalah yang terbaik untuk mereka. Padahal itu belum tentu benar.

Agar Anda tahu mana rutinitas yang benar dan mana yang tidak, simak paparan tentang 13 jenis kebiasaan yang bisa saja dilakukan dengan cara yang salah, seperti halnya dilansir Huffingtonpost, Sabtu (7/12/2013) berikut ini.


1. Bernapas
Setiap orang diperkirakan bernapas 17.000 kali setiap harinya, namun mungkin teknik pernapasan yang Anda gunakan bisa saja keliru. Kebanyakan dari kita bernapas dengan dada, padahal yang benar adalah bernapas secara perlahan dan lebih dalam dari diafragma bawah (sekitar diafragma). Apalagi metode pernapasan ini dapat menurunkan stres, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan performa atlektik dengan menambah stamina dan meredakan kelelahan.

2. Mandi
Jangan keramas beberapa kali dalam seminggu karena bisa saja Anda menghilangkan minyak penting yang terkandung dalam hair atau biasa disebut sebum. Jika sebum hilang, kelenjar minyak dalam kulit kepala akan berkompensasi dengan menghasilkan lebih banyak sebum, padahal ini membuat rambut Anda jadi berminyak seterusnya.

Jangan pula mandi terlalu lama, apalagi jika mandinya air hangat. Mandi air hangat dalam waktu lama membuat kulit mengering dan menghilangkan terlalu banyak 'bakteri baik'.

3. Olahraga
Latihan peregangan sebelum olahraga ternyata justru melemahkan otot, bahkan tidak membantu mengurangi nyeri tubuh beberapa hari setelah berolahraga. Sering-sering berolahraga juga takkan memberikan manfaat bagi tubuh, terutama dalam menurunkan berat badan.

Anda mungkin juga perlu menghindari olahraga setiap hari karena yang ideal hanyalah tiga kali seminggu.

4. Makan
Banyak yang menyarankan sarapan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan, padahal efeknya belum tentu benar. Dan bisa jadi Anda kebanyakan makan daging (apalagi yang berwarna merah) maupun fast food karena keduanya tak baik bagi kesehatan.

Selain itu, tak peduli apapun yang Anda makan, jika Anda memakannya buru-buru itu justru mengganggu pengaturan zat kimiawi dalam tubuh sehingga mendorong Anda untuk makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Pada akhirnya risiko obesitas Anda pun meninggi.

5. Buang air
Posisi terbaik ketika buang air bukanlah duduk, melainkan jongkok. Dan pastikan Anda tidak melakukannya dalam keadaan tegang.

Jangan lupa untuk menutup cover toilet setelah menggunakannya. Hal ini untuk mencegah molekul dari kotoran 'melayang' ke udara dan mencemari bagian toilet atau kamar mandi lainnya.

6. Mencuci tangan
Di dunia ini hanya beberapa persen saja orang yang mencuci tangannya dengan benar. Ini bukan mencuci dengan sabun dan air karena faktanya sabun antibakteri tidaklah sebaik yang selama ini digembar-gemborkan. Sabun ini justru membuat pemakainya jadi resisten terhadap antibiotik, bahkan bisa mengubah hormon. Lagipula penggunaan sabun antibakteri tidak mengurangi peluang Anda untuk jatuh sakit.

Selain itu, jangan mengeringkan tangan setelah dicuci dengan alat pengering. Yang benar pakailah handuk kertas yang lebih efektif mengeringkan tangan dan lebih cepat (15 detik versus 45 menit dengan alat pengering).

7. Laundry
Meski dari luar tampak bersih, mesin cuci bisa saja dipenuhi bakteri E.coli dan sisa-sisa kotoran hasil dari pembilasan baju-baju yang dicuci sebelumnya. Dan mungkin banyak orang yang tak mampu memisahkan baju mana yang bersih dengan yang kotor atau di antara keduanya sebelum dicuci, atau melakukan kesalahan dalam menggunakan mesin cuci seperti menggunakan terlalu banyak air atau deterjen.

8. Membuang sampah
Banyak orang yang membuang sampah kaleng atau kertas hanya karena itu tidak berguna atau kotor. Padahal barang-barang ini sebenarnya masih bisa didaur ulang, dan tercatat 50 persen isi sampah kita sebenarnya terdiri atas barang-barang yang bisa didaur ulang.

9. Tidur
Kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang terkait kebiasaan tidur adalah jam tidur yang mereka peroleh. Padahal tidur lebih atau kurang dari tujuh jam dipastikan mengakibatkan risiko kesehatan jangka panjang yang ujung-ujungnya berkaitan dengan pengurangan angka harapan hidup.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara untuk meningkatkan kualitas tidur, di antaranya olahraga, mematikan ponsel atau sesederhana mengelabui otak agar mengira Anda begitu kelelahan sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

10. Multitasking
Multitasking hampir mustahil dilakukan. Yang ada adalah Anda melakukan beberapa hal sekaligus dengan cepat tapi tak ada satupun yang jadi fokus Anda.

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengambil jeda di tengah pekerjaan dan tidur sebentar di atas meja karena aktivitas ini membantu menguatkan gagasan dalam kepala dan membuat Anda jadi lebih produktif setelah terbangun.

11. Bercukur
Bercukur takkan membuat rambut yang tumbuh di wajah Anda jadi menipis. Yang jelas sebelum mencukur kumis atau jenggot Anda, pastikan Anda mengolesinya dengan krim cukur yang tepat dan teknik pemanasan yang benar agar bekas cukuran Anda tidak belepotan kemana-mana.

Lebih baik bercukurlah di malam hari, karena inilah saat dimana kulit menjadi ultra sensitif.

12. Menyikat gigi
Pertama, jangan pernah menyikat gigi tepat setelah Anda mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung asam karena itu justru mendorong asam dari makanan/minuman makin masuk ke dalam enamel (lapisan pelindung gigi).

Sikat gigilah dua menit setelahnya, gunakan sikat dengan bulu yang halus serta jangan menggosok gigi dan gusi Anda terlalu keras.

13. Duduk
Duduk lebih dari beberapa jam sehari terbukti dapat memperpendek usia seseorang dan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes atau gangguan kardiovaskular. Bahkan jika Anda sudah berolahraga secara rutin, pekerjaan yang memaksa Anda duduk seharian di kantor tetap akan mendatangkan gangguan kesehatan.

Tak perlu standing-desk, yang Anda butuhkan hanyalah cara duduk dengan postur tubuh yang benar dan kursi yang ergonomis.

 

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/12/07/083108/2435141/763/4/ini-13-kebiasaan-sehari-hari-yang-mungkin-belum-anda-lakukan-dengan-benar

Editor Menu

Lokasi

Jl. Sultan Alauddin No. 293
Makassar - 90221

Telp. (0411) 868502
Fax. (0411) 882472
Email :
Url : www.stikper-gunungsari.ac.id

 
 


Info Terkini

Disampaikan kepada mahasiswa
untuk meng-update alamat email
kebagian ICT/PDPT.
Untuk keperluan penggunaan
SISFO khusus mahasiswa


Penerimaan Mahasiswa Baru
Tahun Ajaran 2016/2017
periode bulan
April 2016 s/d Sep 2016

DIKTI

 
 
 
 
 

© 2005 - 2013 Yayasan Pendidikan Gunung Sari. All rights reserved.

Go to top